STRATEGI DAN PROSPEK PEMASARAN SUSU SAPI PERAH DI KUD SUMBER MAKMUR KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG
Abstract
Pelaksanaan pembangunan pertanian perlu mendapatkan perhatian khusus
untuk pengembangan peternakan sapi perah yang merupakan bagian terbesar dari
peternakan Indonesia. Pengembangan peternakan sapi perah sejalan dengan
semakin meningkatnya permintaan susu sapi perah untuk memenuhi kebutuan
Industri Pengolahan Susu (IPS) sebagai bahan baku industrinya. Peningkatan
permintaan susu akan menjadikan peluang pemasaran bagi KUD Sumber Makmur
Kecamatan Ngantang Kabupeten Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan susu KUD Sumber Makmur, untuk mengetahui
strategi pemasaran marketing mix mengenai strategi produk, harga, distribusi dan
promosi yang dilakukan oleh KUD Sumber Makmur, dan untuk mengetahui
prospek pengembangan pangsa pasar susu KUD Sumber Makmur berdasarkan
trend penjualan.
Penelitian dilaksanakan di KUD Sumber Makmur Ngantang Kabupaten
Malang. Pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan data sekunder,
metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan korelasional,
analisis regresi linier berganda dan analisis trend. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa: 1). Strategi Marketing
Mix yang diterapkan oleh KUD Sumber Makmur adalah strategi strategi produk,
harga dan strategi distribusi. 2). Harga susu lokal dan harga susu impor
berpengaruh secara nyata terhadap permintaan susu KUD Sumber Makmur
Ngantang. Kulaitas susu berpengaruh secara tidak nyata terhadap permintaan susu
KUD Sumber Makmur Ngantang. 3). Prospek pemasaran susu KUD Sumber
Makmur Ngantang berdasarkan trend permintaan diprediksikan mempunyai
prospek yang bagus.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]