Show simple item record

dc.contributor.authorEKA TRI WULANDARI
dc.date.accessioned2014-01-27T08:25:03Z
dc.date.available2014-01-27T08:25:03Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM080210204084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25422
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa yang rendah membawa dampak pengiring pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang membangkitkan aktivitas siswa. Strategi pembelajaran Problem Solving adalah strategi pembelajaran yang bertujuan melatih siswa untuk memecahkan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media koran pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Pembelajaran yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Problem Solving dengan menggunakan media koran pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya . Penelitian ini dilaksanakan di SDN Padomasan 04 Jombang Jember kelas IV yang terdiri dari 22 siswa, 8 laki-laki dan 14 perempuan. Proses pembelajarannya dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitiannnya adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif yang dianalisis berupa data hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan deskriptif kuantitatif diperoleh dari data hasil tes individu. Pengambilan data dimulai pada tanggal 26 November 2010 sampai tanggal 23 Mei 2011. Pengambilan data tersebut dimulai dari sebelum tindakan pendahuluan hingga selesai pembelajaran pada siklus II. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Padomasan 04 Jombang Jember. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, dokumentasi nilai siswa, perubahan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Analisis yang dilakukan memperoleh hasil aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I mencapai 27,3% sedangkan pada siklus II mencapai 77,3%. Sehingga secara klasikal siswa kelas IV mencapai ketuntasan belaajr dengan kategori cukup baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklus dan peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Penerapan strategi Problem Solving dengan menggunakan media koran dapat membuat siswa lebih memahami konsep yang dipelajari terutama yang sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya dan melatih siswa untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan baik dan tidak menyalahi aturan yang ada.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204084;
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KORAN PADA SISWA KELAS IV SDN PADOMASAN 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record