FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA AYU LAUNDRY DI JEMBER
Abstract
Tujuan yang ingin diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dan faktor mana yang
dominan pada Ayu Laundry. Objek yang diteliti adalah para pengguna jasa pada
Ayu Laundry di Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan data sekunder. Data sekunder meliputi literatur, penelitian terdahulu,
internet dan sumber dalam penelitian. Sedangkan data primer meliputi wawancara
dan kuisioner. Kedua data tersebut digunakan untuk tujuan deskriptif, membantu
dan membandingkan kondisi yang ada dengan kriteria yang ditentukan
sebelumnya dan dalam pelaksanaan evaluasi. Metode pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden
sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan
analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan variabel citra dan
sosial, marketing mix dan kelompok referensi tersebut terbukti secara signifikan
berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan jasa Ayu
Laundry, baik secara simultan maupun secara parsial. Secara parsial variabel yang
dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan jasa
Ayu Laundry di Jember adalah variabel Marketing Mix.