dc.description.abstract | Masalah di lapangan ini memberi inspirasi dilakukan penelitian tindakan kelas
untuk pengembangan berbahasa anak agar berkemampuan membaca tanpa anak
mengalami kejenuhan belajar, ketertekananan belajar, ketidakmampuan belajar yaitu
dengan mengajarkan anak membaca dengan ilustrasi gambar sebagai medianya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan rancangannya berupa
penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian dipilih penelitian studi kasus. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Siklus 1 mengajarkan anak–anak
membaca melalui media lembaran-lembaran cerita bergambar yang disusun oleh
siswa. Pada siklus 2 dilakukan lebih kompleks dengan menjadikan lingkungan kelas
dipenuhi dengan gambar dan diinteraksikan dalam kegiatan belajar anak, lingkungan
didesain dengan media ambar yang merangsang anak untuk berkemampuan
membaca kalimat per kalimat dalam suatu paragraf melalui media gambar. | en_US |