PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi setiap individu maupun suatu negara, karena
masa depan suatu bangsa berada di tangan para penerus bangsa.Rendahnya mutu dan
relevansi pendidikan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantara faktor terpenting
adalah mutu proses pembelajaran yang belum mampu menciptakan proses
pembelajaran yang berkualitas.Salah satu bagian penting dalam konstruktivisme ialah
konstruksi pertanyaan-pertanyaan. Perumusan pertanyan-pertanyan merupakan salah
satu bagian yang paling penting dan paling efektif dan efisien untuk mencapai
pembelajaran yang konstruktivis, antara lain dengan penerapan model TEQ (Thinking
Empowerment by Questioning).Dalam pembelajaran TEQ dikatakan bahwa
pemikiran rasional dapat dikembangkan melalui aktivitas yang tepat semacam
pengajuan pertanyaan. Kelebihan model TEQ dapat digunakan melatih peserta didik
untuk mampu berpikir rasional, menggunakan logika, menganalisis fakta-fakta dan
melahirkan ide-ide baru.