Show simple item record

dc.contributor.authorTitis Nurul Fitria
dc.date.accessioned2014-01-27T04:53:58Z
dc.date.available2014-01-27T04:53:58Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM030210302142
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25221
dc.description.abstractMetode pembelajaran, guru dan media merupakan tiga unsur yang berperan penting dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Saat ini para ahli pendidikan telah mencoba meneliti dan menciptakan metode-metode belajar baru. Berbagai metode itu tentu saja tidak lepas dari peran media sebagai sarana untuk penyampaiannya. Menurut Sudarwan (1995) penggunaan media sangat membantu aktivitas proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Perkembangan media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya adalah media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8). Media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) adalah multimedia interaktif yang digunakan sebagai media pembelajaran sejarah dalam menyampaikan materi soal-soal latihan, contoh-contoh gambar dan film dokumenter yang tersimpan dalam CD (Compact Disc). Media ini meliputi komputer; sofware macromedia flash professional 8; CD-ROM; CD (Compact Disc); viewer; dan mouse, dimana materi disajikan dalam bentuk CD (Compact Disc) dengan pengendalian komputer. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X jurusan mekanisasi 1 di SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008, dan bagaimanakah efektivitas media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X jurusan mekanisasi 1 di SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X jurusan mekanisasi di SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008, dan untuk mengetahui efektivitas media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash mx) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan mekanisasi 1 SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X jurusan mekanisasi 1 di SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008. Desain dari penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk x memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) pada pembelajaran mata pelajaran sejarah dapat digunakan untuk memotivasi siswa dengan menampilkan gambar dan film dokumenter, menyampaikan materi pelajaran dan memberikan test evaluasi pada siswa. Sehingga siswa menjadi tertarik untuk mengikuti pelajaran sejarah, merasa mudah dalam mengerjakan soal dan memahami materi yang disampaikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan nilai prosentase efektivitas media dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II yaitu : nilai rata-rata hasil belajar siswa pada sebelum tindakan adalah 49.93, aspek afektif 64.22, aspek psikomotorik 52.58. Nilai siklus I adalah 65.17, aspek afektif 73.71 dan aspek psikomotorik sebesar 62.07 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75.34, aspek afektif sebesar 75.86, aspek psikomotorik sebesar 77.59. Nilai prosentase ketuntasan belajar sebelum tindakan dari segi aspek kognitif adalah 34.48 %; aspek afektif 41.38 %; aspek psikomotorik 13.79 %, pada siklus I adalah aspek kognitif 58.62 %; aspek afektif 68.97 %; dan aspek psikomotorik 31.03 %, sedangkan pada siklus II aspek kognitif 79.31 %; aspek afektif 75.86 %; aspek psikomotorik 72.41 %. Nilai efektivitas media pada siklus I adalah 30.52 % sedangkan pada siklus II adalah 50.89 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008 adalah dapat digunakan untuk memotivasi siswa, menarik perhatian siswa, menyampaikan materi pelajaran dan sebagai alat evaluasi. Selain itu, media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) efektif digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pendidikan sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210302142;
dc.subjectsejarahen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CD (COMPACT DISC) DENGAN INTERAKTIF (MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X-M.1 SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 SUKORAMBI TAHUN PEMBELAJARAN 2007-2008en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record