EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CD (COMPACT DISC) DENGAN INTERAKTIF (MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X-M.1 SEMESTER GANJIL DI SMK NEGERI 1 SUKORAMBI TAHUN PEMBELAJARAN 2007-2008
Abstract
Metode pembelajaran, guru dan media merupakan tiga unsur yang berperan
penting dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Saat ini para ahli
pendidikan telah mencoba meneliti dan menciptakan metode-metode belajar baru.
Berbagai metode itu tentu saja tidak lepas dari peran media sebagai sarana untuk
penyampaiannya. Menurut Sudarwan (1995) penggunaan media sangat membantu
aktivitas proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Perkembangan media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi,
salah satunya adalah media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash
professional 8). Media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash
professional 8) adalah multimedia interaktif yang digunakan sebagai media
pembelajaran sejarah dalam menyampaikan materi soal-soal latihan, contoh-contoh
gambar dan film dokumenter yang tersimpan dalam CD (Compact Disc). Media ini
meliputi komputer; sofware macromedia flash professional 8; CD-ROM; CD
(Compact Disc); viewer; dan mouse, dimana materi disajikan dalam bentuk CD
(Compact Disc) dengan pengendalian komputer.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8)
dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X jurusan mekanisasi 1 di SMK Negeri
1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008, dan bagaimanakah
efektivitas media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash
professional 8) dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas X jurusan mekanisasi 1
di SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media CD
(Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) dalam
pembelajaran sejarah pada siswa kelas X jurusan mekanisasi di SMK Negeri 1
Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008, dan untuk mengetahui
efektivitas media CD (Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash mx) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan mekanisasi 1 SMK Negeri 1
Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008.
Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X jurusan mekanisasi
1 di SMK Negeri 1 Sukorambi semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008. Desain
dari penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral
dengan tahapan siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk
x
memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan media CD
(Compact Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) pada
pembelajaran mata pelajaran sejarah dapat digunakan untuk memotivasi siswa dengan
menampilkan gambar dan film dokumenter, menyampaikan materi pelajaran dan
memberikan test evaluasi pada siswa. Sehingga siswa menjadi tertarik untuk
mengikuti pelajaran sejarah, merasa mudah dalam mengerjakan soal dan memahami
materi yang disampaikan.
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa
yang meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan nilai prosentase efektivitas
media dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II yaitu : nilai rata-rata hasil belajar
siswa pada sebelum tindakan adalah 49.93, aspek afektif 64.22, aspek psikomotorik
52.58. Nilai siklus I adalah 65.17, aspek afektif 73.71 dan aspek psikomotorik sebesar
62.07 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75.34, aspek
afektif sebesar 75.86, aspek psikomotorik sebesar 77.59. Nilai prosentase ketuntasan
belajar sebelum tindakan dari segi aspek kognitif adalah 34.48 %; aspek afektif 41.38
%; aspek psikomotorik 13.79 %, pada siklus I adalah aspek kognitif 58.62 %; aspek
afektif 68.97 %; dan aspek psikomotorik 31.03 %, sedangkan pada siklus II aspek
kognitif 79.31 %; aspek afektif 75.86 %; aspek psikomotorik 72.41 %. Nilai
efektivitas media pada siklus I adalah 30.52 % sedangkan pada siklus II adalah 50.89
%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media CD (Compact
Disc) dengan interaktif (macromedia flash professional 8) dalam pembelajaran
sejarah pada siswa kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2007-2008 adalah dapat
digunakan untuk memotivasi siswa, menarik perhatian siswa, menyampaikan materi
pelajaran dan sebagai alat evaluasi. Selain itu, media CD (Compact Disc) dengan
interaktif (macromedia flash professional 8) efektif digunakan sebagai media
pembelajaran pada mata pelajaran sejarah.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pendidikan sejarah, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.