Pengaruh Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Prestasi Kerja Melalui Penyelesaian Konflik Pada Guru Di Gugus III Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang.
Abstract
Pendidikan adalah hal yang dianggap penting dalam kehidupan. Dengan
pendidikan, seseorang akan mendapat ilmu khususnya dalam bidang akademik
yang tentunya sangat penting dalam kehidupan. Sekolah merupakan instansi
pendidikan yang bersifat formal dan didalamnya terdapat kepala sekolah sebagai
pemimpin sekolah serta guru sebagai pengajar peserta didik. Dalam kegiatannya
di sekolah, komunikasi harus selalu terjalin antara pihak-pihak yang berada di
lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan yang nyaman untuk bekerja. Selain
itu peran kepemimpinan kepala sekolah dinilai penting dalam pembentukan
kenyamanan dalam sekolah.
Konflik adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, konflik bisa
merusak ataupun bisa membuat orang lebih bersemangat dalam bekerja.
Penyelesaian konflik inilah yang perlu diciptakan dalam kehidupan sekolah
karena jika konflik itu terus berlanjut maka dikhawatirkan akan mengganggu
prestasi kerja guru.Berdasarkan teori dan kajian empiris, variabel komunikasi dan
kepemimpinan transformasional dinilai mampu untuk menyelesaikan sebuah
konflik dan secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan prestasi
kerja pada guru di gugus III Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Hal ini
adalah yang mendasari dilakukannya penelitian ini.