Show simple item record

dc.contributor.authorISTI HALIFAH
dc.date.accessioned2014-01-27T04:09:32Z
dc.date.available2014-01-27T04:09:32Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM080210274026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25113
dc.description.abstractKenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Semboro 03 Kabupaten Jember, (2) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Semboro 03 Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 03 Kelas V yang terdiri dari 32 siswa, 12 siswa laki-lakidan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data yang disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 3 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Semboro 03 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa selama pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan Metode Diskusi adalah: pada siklus I prosentase motivasi siswa dengan kriteria motivasi tinggi sebesar 71,75 %, siklus II sebesar 81,13%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 62,50% sedangkan pada siklus II sebesar 84,37%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi dan ketuntasan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274026;
dc.subjectMotivasi, Hasil belajar, Diskusien_US
dc.titlePENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN SEMBORO 03 KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record