• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN SEMBORO 03 KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    ISTI HALIFAH-FKIP.pdf (400.9Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    ISTI HALIFAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Semboro 03 Kabupaten Jember, (2) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Semboro 03 Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 03 Kelas V yang terdiri dari 32 siswa, 12 siswa laki-lakidan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data yang disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 3 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Semboro 03 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa selama pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan Metode Diskusi adalah: pada siklus I prosentase motivasi siswa dengan kriteria motivasi tinggi sebesar 71,75 %, siklus II sebesar 81,13%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 62,50% sedangkan pada siklus II sebesar 84,37%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi dan ketuntasan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25113
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository