PENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETUNTASAN BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN SEMBORO 03 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Kenyataan yang terjadi pada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS di SD
hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan
model pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang termotivasi mengikuti
pembelajaran IPS dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui motivasi belajar
siswa dan penerapan metode diskusi pada pembelajaran IPS pokok bahasan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar pada siswa kelas V SD Negeri Semboro 03 Kabupaten Jember, (2) untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui metode diskusi dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Semboro 03
Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Semboro 03 Kelas V yang terdiri dari
32 siswa, 12 siswa laki-lakidan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 8
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2
siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara,
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data yang
disajikan dalam bentuk persentase untuk mengetahui peningkatan hasil belajar.
Pengambilan data mulai dilakukan pada tanggal 3 Maret 2011 sampai 26 Maret
2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Semboro 03 Kecamatan
Semboro Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa
selama pembelajaran proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan
Metode Diskusi adalah: pada siklus I prosentase motivasi siswa dengan kriteria
motivasi tinggi sebesar 71,75 %, siklus II sebesar 81,13%. Dari hasil tes akhir
yang dilakukan siswa, ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I
sebesar 62,50% sedangkan pada siklus II sebesar 84,37%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
motivasi dan ketuntasan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekaan
Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang merangsang siswa untuk lebih
berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil
belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.