Show simple item record

dc.contributor.authorISSI ANISSA
dc.date.accessioned2014-01-27T04:02:39Z
dc.date.available2014-01-27T04:02:39Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM030210102056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25098
dc.description.abstractUpaya untuk meningkatkan motivasi dan tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan pengembangan strategi pembelajaran yang tepat oleh guru. Sesuai dengan sifat fisika yang empiris, yakni setiap hal yang dipelajari didasarkan pada hasil pengamatan terhadap alam dan gejala-gejalanya maka pembelajaran kontekstual yang menjadikan lingkungan sebagai laboratorium baik diterapkan dalam pembelajaran fisika. Model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran kontekstual salah satunya adalah model REACT. Model REACT merupakan model pembelajaran yang terdiri dari lima aspek pembelajaran yaitu relating (mengaitkan), experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama), transferring (memindahkan). Model ini menuntut siswa untuk terlibat dalam berbagai aktivitas konstruktif yang terus menerus, berfikir dan menjelaskan penalaran mereka, mengetahui berbagai hubungan antar tema-tema dan konsep-konsep bukan hanya sekedar menghafal dan membaca fakta secara berulang- ulang serta mendengar penjelasan dari guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan model REACT berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika di SMP?; (2) Apakah penerapan model REACT berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa?; (3) Apakah penerapan model REACT berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa?. Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh penerapan model REACT terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa; (2) mengkaji pengaruh penerapan model REACT terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa; (3) mengkaji pengaruh penerapan model REACT terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030210102056;
dc.subjectModel REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring), Hasil Belajar, Fisikaen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record