• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENERAPAN MODEL REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    ISSI ANISSA-FKIP.pdf (520.0Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    ISSI ANISSA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Upaya untuk meningkatkan motivasi dan tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan pengembangan strategi pembelajaran yang tepat oleh guru. Sesuai dengan sifat fisika yang empiris, yakni setiap hal yang dipelajari didasarkan pada hasil pengamatan terhadap alam dan gejala-gejalanya maka pembelajaran kontekstual yang menjadikan lingkungan sebagai laboratorium baik diterapkan dalam pembelajaran fisika. Model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran kontekstual salah satunya adalah model REACT. Model REACT merupakan model pembelajaran yang terdiri dari lima aspek pembelajaran yaitu relating (mengaitkan), experiencing (mengalami), applying (menerapkan), cooperating (bekerja sama), transferring (memindahkan). Model ini menuntut siswa untuk terlibat dalam berbagai aktivitas konstruktif yang terus menerus, berfikir dan menjelaskan penalaran mereka, mengetahui berbagai hubungan antar tema-tema dan konsep-konsep bukan hanya sekedar menghafal dan membaca fakta secara berulang- ulang serta mendengar penjelasan dari guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan model REACT berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika di SMP?; (2) Apakah penerapan model REACT berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa?; (3) Apakah penerapan model REACT berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa?. Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh penerapan model REACT terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa; (2) mengkaji pengaruh penerapan model REACT terhadap peningkatan ketuntasan belajar siswa; (3) mengkaji pengaruh penerapan model REACT terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25098
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository