PENERAPAN PORTOFOLIO ASSESSMENT TEACHING AND LEARNING PORTOFOLIO ASSESSMENT PADA CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X 5 HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X 5 SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah
pembelajaran yang dimulai dengan mengambil (mensimulasikan, menceritakan)
kejadian pada dunia nyata kehidupan sehari-hari yang dialami siswa kemudian
diangkat kedalam konsep matematika yang dibahas. Pada pembelajaran kontekstual,
sesuai dengan tumbuh kembang ilmu pengetahuan, konsep dikonstruksi oleh siswa
melalui proses tanya-jawab dalam bentuk diskusi. Pembelajaran kontekstual
melibatkan tujuh komponen utama, yaitu Konstruksivisme (contructivism), bertanya
(questioning), menemukan (inquiri), masyarakat belajar (learning community),
pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan asesmen otentik (authentic
assessment).
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMA N Rambipuji khususnya kelas
X 5 selama ini cendrung masih menggunakan cara lama, guru mempunyai peran yang
dominan, mempunyai tugas untuk menyampaikan seluruh materi kepada siswa.
Selama ini metode yang sering digunakan adalah metode ceramah. Siswa hanya
duduk tenang di bangku, mendengarkan serta menyerap informasi dan mencatat.
Aktifitas siswa selama kegiatan belajar mengajar tidak nampak dan siswa cenderung
pasif.
Penilaian yang dilakukan di kelas X 5 SMA Negeri Rambipuji selama ini
hanya berdasarkan hasil tes sebagai alat ukur kemampuan siswa dan keberhasilan
belajar. Akibatnya hasil belajar saja yang dinilai sedangkan proses siswa memperoleh
pengetahuan terabaikan dari penilaian. Upaya lain yang dilakukan dalam
penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran perlu diiringi sistem penilaian. Adapun bentuk penilaian yang cocok dan direkomendasikan untuk menilai kompetensi yang
ingin dicapai ialah penilaian portofolio.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
portofolio pada pembelajaran kontekstual dan persentase ketuntasan hasil belajar
matematika siswa setelah penerapan portofolio pada pembelajaran kontekstual untuk
meningkatkan hasil belajar matematika pada sub pokok bahasan persamaan kuadrat
siswa kelas X 5 SMA N Rambipuji 2009/2010.
Pengambilan data dilaksanakan dimulai tanggal 5 – 19 Oktober 2009 dengan
subyek peneliti siswa kelas X 5 SMA N Rambipuji. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang
dikumpulkan berupa data interval dan data ordinal. Data yang dikumpulkan berupa
jurnal belajar (rata-rata 7), rangkuman (rata-rata 8), refleksi (rata-rata 7), proyek
(rata-rata 4), latihan soal (rata-rata 7), kuis (rata-rata 7), Lembar kerja siswa, (ratarata
5),
pekerjaan
rumah
(rata-rata
9),
ulangan
harian
(rata-rata
19),
rata-rata
aktivitas
siswa
(rata-rata
5).
Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan persentase ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 100% sehingga secara klasikal kelas X 5 mencapai ketuntasan
belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan asesmen
portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika, dapat meningkatkan
keaktifan siswa kelas X 5 A SMA Negeri Rambipuji pada pembelajaran sub pokok
bahasan persamaan kuadrat, serta dapat diajukan sebagai salah satu alternatif dalam
penilaian matematika, karena berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam
kegiatan belajar mengajar.