• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PORTOFOLIO ASSESSMENT TEACHING AND LEARNING PORTOFOLIO ASSESSMENT PADA CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X 5 HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X 5 SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER SMA NEGERI RAMBIPUJI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    AB (245)a_1.pdf (493.1Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Eka Fitriatun K N
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah pembelajaran yang dimulai dengan mengambil (mensimulasikan, menceritakan) kejadian pada dunia nyata kehidupan sehari-hari yang dialami siswa kemudian diangkat kedalam konsep matematika yang dibahas. Pada pembelajaran kontekstual, sesuai dengan tumbuh kembang ilmu pengetahuan, konsep dikonstruksi oleh siswa melalui proses tanya-jawab dalam bentuk diskusi. Pembelajaran kontekstual melibatkan tujuh komponen utama, yaitu Konstruksivisme (contructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiri), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan asesmen otentik (authentic assessment). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMA N Rambipuji khususnya kelas X 5 selama ini cendrung masih menggunakan cara lama, guru mempunyai peran yang dominan, mempunyai tugas untuk menyampaikan seluruh materi kepada siswa. Selama ini metode yang sering digunakan adalah metode ceramah. Siswa hanya duduk tenang di bangku, mendengarkan serta menyerap informasi dan mencatat. Aktifitas siswa selama kegiatan belajar mengajar tidak nampak dan siswa cenderung pasif. Penilaian yang dilakukan di kelas X 5 SMA Negeri Rambipuji selama ini hanya berdasarkan hasil tes sebagai alat ukur kemampuan siswa dan keberhasilan belajar. Akibatnya hasil belajar saja yang dinilai sedangkan proses siswa memperoleh pengetahuan terabaikan dari penilaian. Upaya lain yang dilakukan dalam penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran perlu diiringi sistem penilaian. Adapun bentuk penilaian yang cocok dan direkomendasikan untuk menilai kompetensi yang ingin dicapai ialah penilaian portofolio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan portofolio pada pembelajaran kontekstual dan persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan portofolio pada pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada sub pokok bahasan persamaan kuadrat siswa kelas X 5 SMA N Rambipuji 2009/2010. Pengambilan data dilaksanakan dimulai tanggal 5 – 19 Oktober 2009 dengan subyek peneliti siswa kelas X 5 SMA N Rambipuji. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa data interval dan data ordinal. Data yang dikumpulkan berupa jurnal belajar (rata-rata 7), rangkuman (rata-rata 8), refleksi (rata-rata 7), proyek (rata-rata 4), latihan soal (rata-rata 7), kuis (rata-rata 7), Lembar kerja siswa, (ratarata 5), pekerjaan rumah (rata-rata 9), ulangan harian (rata-rata 19), rata-rata aktivitas siswa (rata-rata 5). Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100% sehingga secara klasikal kelas X 5 mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan asesmen portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika, dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas X 5 A SMA Negeri Rambipuji pada pembelajaran sub pokok bahasan persamaan kuadrat, serta dapat diajukan sebagai salah satu alternatif dalam penilaian matematika, karena berdampak positif bagi keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25048
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository