dc.description.abstract | Salah satu penentu keberhasilan pendidikan adalah proses belajar
mengajar. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai dapat membuat siswa
menjadi responsif dan lebih mudah memahami dalam mengikuti proses belajar
mengajar. Model pembelajaran yang sesuai dengan KBK salah satunya adalah
model pembelajaran pertanyaan sharing siklus, dengan model pembelajaran
tersebut siswa aktif dalam membuat soal dan jawaban yang dibuat sendiri atau
dibuat oleh siswa dari kelompok lain maupun guru (pre-tes dan pos-tes), serta
dapat mendorong siswa untuk lebih efektif berfikir dan memudahkan siswa dalam
memecahkan masalah, sehingga hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran pertanyaan sharing siklus terhadap hasil belajar siswa, dan
mengetahui lebih baik mana model pembelajaran pertanyaan sharing siklus
atau konvensional dengan melihat nilai efektivitasnya.
Responden penelitian ini ditentukan dengan tehnik tes terlebih dahulu
yang diberikan oleh peneliti. Sebelum pengambilan sampel dilakukan uji
homogenitas terhadap populasi. M
aka langkah berikutnya memilih dua kelas dari
empat kelas dengan melihat rata-rata nilai pre-tes yang hampir sama antara kedua
kelas, sehingga s
ampel yang terpilih yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen
dengan model pembelajaran pertanyaan sharing siklus, dan kelas VIIIB
sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Metode
pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan
tes. Data yang diperoleh sebagai hasil belajar siswa terdiri dari 3 aspek yaitu
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data-data tersebut dianalisis
menggunakan uji t
tes
dan dihitung efektivitas relatifnya.
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan terhadap hasil penelitian, maka
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran pertanyaan
sharing siklus dengan model pembelajaran konvensional untuk aspek kognitif,
afektif, dan psikomotorik karena t
ix
hitung
> t
tabel
, dengan t
hitung
1,71 untuk aspek
kognitif, 1,70 untuk aspek afektif, dan 1,96 untuk aspek psikomotorik,
ketiga aspek tersebut sebesar 1,66. Untuk penelitian
selanjutnya perlu adanya informasi pendahuluan sejelas-jelasnya dari guru
tentang teknik model pembelajaran pertanyaan sharing siklus dan perlu waktu
yang lebih banyak dalam pelaksanaan refleksi diakhir pembelajaran.
sedangkan nilai t
tabel
Kata kunci : Model Pembelajaran Sharing Siklus, Pembelajaran Biologi, Hasil
Belajar Siswa. | en_US |