ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA RITEL WARALABA INDOMARET DI WILAYAH KECAMATAN PASIRIAN KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Skripsi ini ber t uj ua n unt uk me nga na lis is fak tor - faktor yang mempengaruhi
keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif pada ritel waralaba
Indomaret d i Wila yah Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Unt uk
menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam
melakukan pe mbelia n impulsif pada rite l waralaba Indomaret d i Wilayah
Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang adalah dengan menggunakan analisis
Regresi logistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung ritel waralaba Indomaret
ya ng kebetulan ditemui dan memenuhi persyaratan sebagai responden. Penelitian
ini dilakuka n de nga n mengambil responden sebanyak 100 responden dengan
metode Purposive accidental sampling de nga n kr iter ia respo nde n berusia lebih
da r i 17 tahun dan pernah berbelanja di ritel waralaba Indomaret di Wilayah
Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang minimal tiga kali dalam satu tahun.
Data yang diperoleh ke mudian diuj i valid itas da n reliabilitas da n
selanjutnya data skor orisinal yang ordinal distandarisasi menjadi data normal
untuk meningkatkan kualita s da ta ordina l menjadi data interval dan selanjutnya
dio la h da la m mode l re gres i lo gi stik untuk menguji pengaruh secara parsial
variabel independen terhadap variabel dependen dengan Wald statistic.
Pene lit ia n ini d ilakuka n unt uk me nguj i pe nga r uh va r iabe l r ua ng pa mer
produk, ketidaktersediaan produk, suasana lingkungan toko, pramuniaga, dan
program promosi terhadap variabel keputusan pembelia n impulsif pada rite l
waralaba indomaret di Wilayah Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dan
disimpulkan bahwa variabel ruang pamer produk, ketidaktersediaan produk,
suasana lingkungan toko, dan program promosi secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif. Sedangkan variabel
pramuniaga tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif.