• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2011/2012 DI MAN 2 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (61)S_1.pdf (338.3Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Ayu Nanda Permatasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas X.A dan X.C MAN 2 Jember. Kelas X.A adalah kelas eksperimen dengan penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dengan lingkungan sebagai sumber belajar sedangkan kelas X.C adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei semester genap tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang diamati dalam kegiatan pembelajaran antara lain: (1) memperhatikan penjelasan guru; (2) melakukan pengamatan; (3) mengerjakan tugas; (4) mengemukakan pendapat; (5) keaktifan dalam diskusi kelas, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova) untuk menguji hasil belajar, sedangkan analisis yang digunakan untuk menguji aktivitas belajar siswa adalah uji t (independent sample t test) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan di kelas eksperimen (X.A). Hasil analisis menggunakan uji t (independent sample t test) menunjukkan nilai probabilitas P < 0,05. Selanjutnya, hasil analisis menggunakan Anakova terhadap nilai pre-test dan post-test, diketahui bahwa nilai probabilitas (P) untuk kedua kelas adalah 0,000. Rerata selisih nilai pretest dan post-test antara siswa kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 35,2dan siswa kelas kontrol, sebesar 21,33. Selanjutnya, hasil analisis terhadap nilai afektif, nilai signifikansi P < 0,05 sehingga H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STM dengan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap aspek kognitif.. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan STM dengan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan aktivitas siswa kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24731
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository