ANALISIS POSISI PRODUCT HANDPHONE MEREK BLACKBERRY TERHADAP MEREK PESAINGNYA BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK DI KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul analisis Posisi Product Handphone Merek
Blackberry dan Merek Pesaingnya Berdasarkan Atribut Produk di Kelurahan
Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui
dan menganalisis posisi produk Handphone Blackberry dan Pesaingnya
berdasarkan persepsi konsumen di wilayah Kelurahan Sumbersari Kabupaten
Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan
untuk mendapatkan suatu deskripsi atau gambaran yang jelas untuk digunakan
sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan (Sugiyono, 2008:5). Dalam
hal ini, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana posisi masing-masing produk
handphone diantara pesaing-pesaingnya (competitive positioning) yang dilihat
dari atribut produk yang meliputi harga, model, kualitas fitur layanan,
Kenyamanan pemakaian, Daya tahan dan Jaminan atau garansi. Berdasarkan
metode pengumpulan data, penelitian ini merupakan penelitian survey yang
penyelidikannya dilakukan untuk memperoleh fakta dari gejala yang ada dan
mencari keterangan secara faktual, dimana informasi dikumpulkan dari jawaban
responden yang dijadikan obyek penelitian dengan memberikan kuesioner.
Metode analisis data menggunakan Multidimensional Scaling (MDS) dengan
menggunakan program software Statistical Package for Social Science (SPSS).
peta positioning yang dihasilkan menunjukkan bahwa Nokia merupakan pesaing
terdekat atau pesaing langsung (direct competitor) dari handphone Blackberry,
terutama menyangkut model handphone, kualitas fitur layanan, kenyamanan
pemakaian, dan jaminan atau garansi handphone