Show simple item record

dc.contributor.authorRMA IKA SARI
dc.date.accessioned2014-01-27T00:50:45Z
dc.date.available2014-01-27T00:50:45Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM010910201073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24723
dc.description.abstractSeiring dengan perkembangan hidup masyarakat Indonesia yang lebih dinamis menuntut adanya pelayanan yang optimal dari pemerintah untuk terus memberikan pelayanan yang berkualitas dalam berbagai bidang. Berdasarkan lampiran Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor SE/10/M.PAN/7/2005 tanggal 7 juli 2005 tentang Daftar Prioritas Jenis Pelayanan Publik, dimana bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang harus mendapat prioritas, jenis pelayanannya berupa rumah sakit, puskesmas dan posyandu. Rumah Sakit Paru Jember sebagai salah satu rumah sakit khusus yang berperan dalam memberikan Pelayanan pencegahan dan pemberantasan Tuberkolusis Paru, harus memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga pasien yang dirawat mendapatkan kepuasan. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang digunakan adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan rawat inap di Rumah Sakit Paru Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan rawat inap di Rumah Sakit Paru Jember. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan data kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 30 responden. Analisis data yang dipergunakan oleh penulis yakni menggunakan analisi service quality yakni untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam model ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut dilihat berdasarksan lima dimensi kualitas yang langsung dapat dinilai oleh pelanggannya yaitu: Bukti Langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness ), Empati (Empathy) dan Jaminan (Assurance). Adapun hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil perhitungan menggunakan model Servqual diketahui bahwa Kualitas pelayanan kesehatan rawat inap Rumah Sakit Paru Jember dengan skor - 0,2 berarti berkualitas yang dapat dikategorikan ke dalam tingkat kualitas pelayanan yang tidak baik yang artinya kualitas pelayanan kesehatan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Paru Jember tidak dapat dipenuhi atau tidak sesuai dengan apa yang dirasakan/dipersepsikan oleh responden atau pasien.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010910201073;
dc.subjectKunci: Kualitas Pelayanan .en_US
dc.titleANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PARU JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record