Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Dya Permata Sari
dc.date.accessioned2014-01-27T00:38:34Z
dc.date.available2014-01-27T00:38:34Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060210102174
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24704
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Kelas VIII B MTs. Negeri Jember I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa pada siklus I besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dengan besarnya persentase aktivitas belajar siswa 67,35% dan termasuk dalam kategori aktif. Pada siklus 2 besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa secara individu meningkat menjadi 81,24% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Dengan demikian aktivitas belajar siswa secara keseluruhan pada siklus 1 dan siklus 2 dapat dinyatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 besarnya presentase ketuntasan hasil belajar menjadi 58,33% dan pada siklus 2 sebesar 86,5%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model inkuiri disertai media pembelajaran video dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan peningkatan pada kategori sangat aktif; (2) model inkuiri disertai media pembelajaran video dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan peningkatan pada kategori baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102174;
dc.subjectModel Inkuiri, Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar Fisika Siswaen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-B MTS. NEGERI JEMBER Ien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record