• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-B MTS. NEGERI JEMBER I

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (47)S_1.pdf (533.5Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Ayu Dya Permata Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di Kelas VIII B MTs. Negeri Jember I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Persentase aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Persentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa pada siklus I besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan dengan besarnya persentase aktivitas belajar siswa 67,35% dan termasuk dalam kategori aktif. Pada siklus 2 besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa secara individu meningkat menjadi 81,24% dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Dengan demikian aktivitas belajar siswa secara keseluruhan pada siklus 1 dan siklus 2 dapat dinyatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 besarnya presentase ketuntasan hasil belajar menjadi 58,33% dan pada siklus 2 sebesar 86,5%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) model inkuiri disertai media pembelajaran video dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan peningkatan pada kategori sangat aktif; (2) model inkuiri disertai media pembelajaran video dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa pada kelas VIII B MTs. Negeri Jember I semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan peningkatan pada kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24704
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15428]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository