Show simple item record

dc.contributor.authorNina Febrianti
dc.date.accessioned2014-01-26T23:10:35Z
dc.date.available2014-01-26T23:10:35Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM070210204390
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24535
dc.description.abstractRINGKASAN Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil Berbantuan Kartu Pertanyaan Pada Siswa Kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi Semester II Tahun Pelajaran2009/2010; Nina Febrianti, 070210204390; 2010; 49 halaman; Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. PKn adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatka oleh pancasila dan UUD 1945. Namun dari pembelajaran yang terlihat di MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi siswa masih belum aktif dalam pembelajaran dan kurang mengembangkan potensi diri. Agar pembelajaran berhasil dan memotivasi siswa untuk aktif maka diperlukan variasi dalam pembelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi pada tanggal 9 Maret sampai dengan 20 Maret 2010 Tahun Ajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 18 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana siswa dikelas V kurang termotivasi dalam pembelajaran PKn serta mengalami kesulitan dalam memahami materi kebebasan berorganisasi. Metode pengumpulan data mengunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,67 % dan siklus II mencapai 83,33 % dengan 15 orang siswa tuntas belajar dan 3 orang siswa tidak tuntas belajar. Siswa yang memiliki hasil belajar sangat baik meningkat 11,12 % ; hasil belajar baik meningkat 22,22%. Hasil Observasi aktifitas siswa pada siklus I mencapai 74,44 % dengan kriteria siswa cukup aktif dan siklus II mencapai 90 % dengan kriteria siswa sangat aktif. Kesimpulan yang didapat dari hasil dan pembahasan adalah pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan memiliki beberapa tahap yaitu pengenalan langkah-langkah metode, pembentukan kelompok, pemberian kartu pertanyaan, presentasi kelas, pemberian nilai pada kemajuan masing-masing kelompok, penyimpulan materi, pemberian soal formatif dan pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik atau siswa terbaik. Penggunaan diskusi kelompok kecil berbantuan media kartu pertanyaan pada pokok bahasan kebebasan berorganisasi dapat berjalan dengan baik, lancar dan menyenangkan, serta Siswa terlihat aktif dan senang selama kegiataan pembelajaran berlangsung. Pembelajaran ini dapat melatih keberanian siswa untuk mengemuakaan pendapat, bekerjasama, menghargai pendapat orang lain serta siswa belajar menerima perbedaan dan keragaman yang ada disekitar mereka, Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok berbantuan media kartu pertanyaan efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V. Hasil ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 83,33 % dengan 15 orang tuntas dan 3 orang siswa tidak tuntas belajar, Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204390;
dc.subjectMetode Diskusi Kelompoken_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil Berbantuan Kartu Pertanyaan Pada Siswa Kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi Semester II Tahun Pelajaran2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record