• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil Berbantuan Kartu Pertanyaan Pada Siswa Kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi Semester II Tahun Pelajaran2009/2010

    Thumbnail
    View/Open
    254_1-S.pdf (200.7Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Nina Febrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil Berbantuan Kartu Pertanyaan Pada Siswa Kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi Semester II Tahun Pelajaran2009/2010; Nina Febrianti, 070210204390; 2010; 49 halaman; Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. PKn adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatka oleh pancasila dan UUD 1945. Namun dari pembelajaran yang terlihat di MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi siswa masih belum aktif dalam pembelajaran dan kurang mengembangkan potensi diri. Agar pembelajaran berhasil dan memotivasi siswa untuk aktif maka diperlukan variasi dalam pembelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi pada tanggal 9 Maret sampai dengan 20 Maret 2010 Tahun Ajaran 2009/2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 18 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana siswa dikelas V kurang termotivasi dalam pembelajaran PKn serta mengalami kesulitan dalam memahami materi kebebasan berorganisasi. Metode pengumpulan data mengunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,67 % dan siklus II mencapai 83,33 % dengan 15 orang siswa tuntas belajar dan 3 orang siswa tidak tuntas belajar. Siswa yang memiliki hasil belajar sangat baik meningkat 11,12 % ; hasil belajar baik meningkat 22,22%. Hasil Observasi aktifitas siswa pada siklus I mencapai 74,44 % dengan kriteria siswa cukup aktif dan siklus II mencapai 90 % dengan kriteria siswa sangat aktif. Kesimpulan yang didapat dari hasil dan pembahasan adalah pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan memiliki beberapa tahap yaitu pengenalan langkah-langkah metode, pembentukan kelompok, pemberian kartu pertanyaan, presentasi kelas, pemberian nilai pada kemajuan masing-masing kelompok, penyimpulan materi, pemberian soal formatif dan pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik atau siswa terbaik. Penggunaan diskusi kelompok kecil berbantuan media kartu pertanyaan pada pokok bahasan kebebasan berorganisasi dapat berjalan dengan baik, lancar dan menyenangkan, serta Siswa terlihat aktif dan senang selama kegiataan pembelajaran berlangsung. Pembelajaran ini dapat melatih keberanian siswa untuk mengemuakaan pendapat, bekerjasama, menghargai pendapat orang lain serta siswa belajar menerima perbedaan dan keragaman yang ada disekitar mereka, Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok berbantuan media kartu pertanyaan efektif dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V. Hasil ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 83,33 % dengan 15 orang tuntas dan 3 orang siswa tidak tuntas belajar, Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24535
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository