Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil Berbantuan Kartu Pertanyaan Pada Siswa Kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi Semester II Tahun Pelajaran2009/2010
Abstract
RINGKASAN
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Kebebasan
Berorganisasi dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil
Berbantuan Kartu Pertanyaan Pada Siswa Kelas V MI Miftahul’ulum Srono
Banyuwangi Semester II Tahun Pelajaran2009/2010; Nina Febrianti,
070210204390; 2010; 49 halaman; Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.
PKn adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan
warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban untuk
menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang
diamanatka oleh pancasila dan UUD 1945. Namun dari pembelajaran yang terlihat di
MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi siswa masih belum aktif dalam pembelajaran
dan kurang mengembangkan potensi diri. Agar pembelajaran berhasil dan
memotivasi siswa untuk aktif maka diperlukan variasi dalam pembelajaran salah
satunya yaitu dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu
pertanyaan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi
pada siswa kelas V MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi semester 2 tahun pelajaran
2009/2010.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul’ulum Srono Banyuwangi pada
tanggal 9 Maret sampai dengan 20 Maret 2010 Tahun Ajaran 2009/2010. Subyek
penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 18 anak, terdiri dari 10 laki-laki
dan 8 perempuan.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dimana siswa dikelas V kurang termotivasi dalam pembelajaran PKn serta
mengalami kesulitan dalam memahami materi kebebasan berorganisasi. Metode
pengumpulan data mengunakan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes.
Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,67 %
dan siklus II mencapai 83,33 % dengan 15 orang siswa tuntas belajar dan 3 orang siswa tidak tuntas belajar. Siswa yang memiliki hasil belajar sangat baik meningkat
11,12 % ; hasil belajar baik meningkat 22,22%. Hasil Observasi aktifitas siswa pada
siklus I mencapai 74,44 % dengan kriteria siswa cukup aktif dan siklus II mencapai
90 % dengan kriteria siswa sangat aktif.
Kesimpulan yang didapat dari hasil dan pembahasan adalah pembelajaran
dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu pertanyaan
memiliki beberapa tahap yaitu pengenalan langkah-langkah metode, pembentukan
kelompok, pemberian kartu pertanyaan, presentasi kelas, pemberian nilai pada
kemajuan masing-masing kelompok, penyimpulan materi, pemberian soal formatif
dan pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik atau siswa terbaik. Penggunaan
diskusi kelompok kecil berbantuan media kartu pertanyaan pada pokok bahasan
kebebasan berorganisasi dapat berjalan dengan baik, lancar dan menyenangkan, serta
Siswa terlihat aktif dan senang selama kegiataan pembelajaran berlangsung.
Pembelajaran ini dapat melatih keberanian siswa untuk mengemuakaan pendapat,
bekerjasama, menghargai pendapat orang lain serta siswa belajar menerima
perbedaan dan keragaman yang ada disekitar mereka, Pembelajaran dengan
menggunakan metode diskusi kelompok berbantuan media kartu pertanyaan efektif
dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V.
Hasil ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 83,33 % dengan 15 orang
tuntas dan 3 orang siswa tidak tuntas belajar, Hal ini menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan kartu
pertanyaan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa