dc.description.abstract | Proll tape merupakan hasil olahan agroindustri yang memanfaatkan produk
pertanian. Proll tape merupakan produk diversifikasi dari tape yang diolah dengan
berbagai bumbu. Pemasaran proll tape dapat ditemukan di toko oleh-oleh.
Pemasaran proll tape mempegaruhi perlaku konsumen dalam melakukan
pembelian. Konsumen banyak menjadikan proll tape sebagai oleh-oleh selain
untuk dikonsumsi sendiri. Konsumen menganggap kualitas produk bagus
sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen proll tape,
perilaku konsumen proll tape, serta hubungan tingkat pendapatan konsumen
terhadap jumlah pembelian proll tape. Penentuan daerah penelitian secara sengaja
(Purposive). Metode penelitian adalah deskriptif dan korelasional. Metode
pengambilan contoh secara convinience sampling. Analisis yang digunakan adalah
analisis faktor dan chi square. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen proll tape adalah faktor kualitas, faktor
persepsi, faktor motivasi, faktor promosi, faktor lokasi, faktor fasilitas pendukung,
serta fakor kemasan, (2) Perilaku konsumen dilihat dari kegiatan yang tampak
yaitu Jumlah kotak proll tape yang dibeli antara 2 sampai 3 kotak dalam satu kali
pembelian. Frekuensi pembelian dalam satu bulan tidak pasti membeli proll tape.
Kegiatan tidak tampak yaitu konsumen membeli proll tape sebagai oleh oleh dan
merupakan prioritas pertama, (3) Tidak terdapat hubungan yang nyata antara
tingkat pendapatan konsumen terhadap jumlah pembelian proll tape. Proll tape is a agroindustrial product which used agriculture product as a
basic material. It is a diversification product from tape and mixed with some
flavor. It can be found in the gift store. Proll tape marketing strategic will
influence consumer behavior in the decision buying. Consumer buy proll tape as a
gift as beside on their own consumption. Consumer considers proll tape has a
good quality so that it can fill consumer needed. Purpose of the research to find
out the influence factors of proll tape consumer behavior, proll tape consumer
behavior, and the relationship of income level toward to proll tape purchasing
level. The research location use purposive methode with the type is descriptive
and correlation methode. The sample extraction use convinience sampling. The
analysis tools use factor analysis and chi square. Result of research indicate that:
(1) the influence factors of proll tape consumer behavior are quality, perception,
motivation, promotion, location, supporting facility and packing. (2) the visible
consumer behavior consist of purchasing frequency of proll tape between 2 until 3
purchased. Consumer buy proll tape monthly indefinitive. (there is not definitely
relationship between income level toward to proll tape purchasing level. | en_US |