dc.description.abstract | Era Globlalisasi saat ini memaksa para pelaku bisnis untuk memberikan
inovasi-inovasi terbaru terhadap produknya dan dipacu untuk terus meluncurkan
aneka produk baru agar dapat mampu bersaing dalam persaingan bisnis. Selain itu,
pelaku bisnis tersebut harus mampu menciptakan inovasi yang mampu memikat hati
konsumen. Suatu perusahaan harus bisa menjadi lebih inovatif, bukan hanya dalam
aneka produk yang dibuat, namun juga dalam rangkaian proses pengelolaan
manajemennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi motif produk batik
pada Sanggar Batik Sayu Wiwit. Penelitian dilakukan di Sanggar Batik Sayu Wiwit
Banyuwangi. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi
inovasi motif produk batik pada Sanggar Batik Sayu Wiwit Banyuwangi. Penelitian
yang dilakukan yaitu menggunakan metode diskriptif paradigma kualitatif melalui
beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara, dan dokumentasi yang
berkaitan dengan strategi inovasi motif produk batik
Berdasarkan hasil dari pembahasan yang telah di uraikan sebelumnya, bahwa
Sanggar Batik Sayu Wiwit dalam menerapkan stratregi inovasi motif produk batik
yaitu terlebih dahulu menganalisis faktor internal dan faktor eksternal. Faktor
internalnya yaitu dalam berinovasi motif pembuatanya lebih banyak muncul dari
pemilik sendiri yang dipengaruhi oleh pengalaman sendiri. Faktor eksternal yaitu di
pengaruhi oleh kejenuhan pasar dan juga berasal dari permintaan seorang konsumen
yang memesan. Dalam mengembangkan motif, penggambar motif terlebih dahulu mendefinisikan permintaan dari apa yang diinginkan oleh konsumen yang berhubungan dengan tujuan dan masalah serta jangka waktu yang diperlukan dan
kemudian menjelajah secara kreatif dan membentuk ide-ide yang ada. Penggambar
motif kemudian memilih ide yang terbaik dalam mengembangkan motif seperti apa
yang akan di gunakan atau digambar, dan bagaimana keuntungan akan dapat diraih
dalam menciptakan motif tersebut. | en_US |