• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI INOVASI MOTIF PRODUK BATIK PADA SANGGARBATIK SAYU WIWIT BANYUWANGI DALAM MEMPERLUAS PASAR

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (114)a_1.pdf (649.4Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Galuh Rahmadani Purwoko SA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Era Globlalisasi saat ini memaksa para pelaku bisnis untuk memberikan inovasi-inovasi terbaru terhadap produknya dan dipacu untuk terus meluncurkan aneka produk baru agar dapat mampu bersaing dalam persaingan bisnis. Selain itu, pelaku bisnis tersebut harus mampu menciptakan inovasi yang mampu memikat hati konsumen. Suatu perusahaan harus bisa menjadi lebih inovatif, bukan hanya dalam aneka produk yang dibuat, namun juga dalam rangkaian proses pengelolaan manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi motif produk batik pada Sanggar Batik Sayu Wiwit. Penelitian dilakukan di Sanggar Batik Sayu Wiwit Banyuwangi. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana strategi inovasi motif produk batik pada Sanggar Batik Sayu Wiwit Banyuwangi. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode diskriptif paradigma kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi inovasi motif produk batik Berdasarkan hasil dari pembahasan yang telah di uraikan sebelumnya, bahwa Sanggar Batik Sayu Wiwit dalam menerapkan stratregi inovasi motif produk batik yaitu terlebih dahulu menganalisis faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu dalam berinovasi motif pembuatanya lebih banyak muncul dari pemilik sendiri yang dipengaruhi oleh pengalaman sendiri. Faktor eksternal yaitu di pengaruhi oleh kejenuhan pasar dan juga berasal dari permintaan seorang konsumen yang memesan. Dalam mengembangkan motif, penggambar motif terlebih dahulu mendefinisikan permintaan dari apa yang diinginkan oleh konsumen yang berhubungan dengan tujuan dan masalah serta jangka waktu yang diperlukan dan kemudian menjelajah secara kreatif dan membentuk ide-ide yang ada. Penggambar motif kemudian memilih ide yang terbaik dalam mengembangkan motif seperti apa yang akan di gunakan atau digambar, dan bagaimana keuntungan akan dapat diraih dalam menciptakan motif tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24485
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository