Penerapan Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII -B SMP Negeri 2 Jember (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII B Semester Gasal SMP Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2007/2008)”
Abstract
Setiap mata pelajaran memiliki tujuan pembelajaran yang berbeda-beda.
Begitu pula dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada tiap-tiap
pelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai adalah dengan menyampaikan tujuan pembelajaran
terlebih dahulu. Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan itu, maka diperlukan
berbagai pertimbangan, baik dari segi pendekatan, strategi, dan metode
pembelajaran.Disamping itu, diperlukan materi dan media yang cocok untuk
mempermudah para siswa untuk menmbangun suatu konsep. Salah satu jenis
pembelajaran yang cocok adalah pembelajaran kontekstual dimana guru
mengahdirkan situasi kehidupan nyata yang nantinya digabungkan dengan materi
pelajaran.
SMP Negeri 2 Jember adalah salah satu sekolah bersatandar nasional yang
menekankan pembelajaran kontekstual. Salah satu bentuk pembelajaran kontekstual
yaitu pembelajaran berdasarkan masalah, pembelajaran ini menuntut siswa untuk
dapat memecahkan masalah. Pada panelitian ini pembelajaran berdasarkan masalah di
terapkan pada siswa kelas VIII-B. di kelas tersebut terdapat siswa yang memiliki nilai
rata-rata hasil belajar yang tinggi yaitu sebesar 79,55% sehingga setelah pembelajaran
berdasarkan masalah diterapkan melalui dua siklus,maka nilai rata-rata hasil belajar
masing-masing 80,35 % dan 86,9%.
Kesimpulan yang didapat dari analisis data dan pembahasan adalah
terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi siswa kela VIII-B
SMP Negeri 2 Jember semester ganjil tahun ajaran 2007/2008.