• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII -B SMP Negeri 2 Jember (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VIII B Semester Gasal SMP Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2007/2008)”

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-grey-2008-evamauludi_1.pdf (68.65Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Eva Mauludina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setiap mata pelajaran memiliki tujuan pembelajaran yang berbeda-beda. Begitu pula dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada tiap-tiap pelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai adalah dengan menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu. Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan itu, maka diperlukan berbagai pertimbangan, baik dari segi pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran.Disamping itu, diperlukan materi dan media yang cocok untuk mempermudah para siswa untuk menmbangun suatu konsep. Salah satu jenis pembelajaran yang cocok adalah pembelajaran kontekstual dimana guru mengahdirkan situasi kehidupan nyata yang nantinya digabungkan dengan materi pelajaran. SMP Negeri 2 Jember adalah salah satu sekolah bersatandar nasional yang menekankan pembelajaran kontekstual. Salah satu bentuk pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran berdasarkan masalah, pembelajaran ini menuntut siswa untuk dapat memecahkan masalah. Pada panelitian ini pembelajaran berdasarkan masalah di terapkan pada siswa kelas VIII-B. di kelas tersebut terdapat siswa yang memiliki nilai rata-rata hasil belajar yang tinggi yaitu sebesar 79,55% sehingga setelah pembelajaran berdasarkan masalah diterapkan melalui dua siklus,maka nilai rata-rata hasil belajar masing-masing 80,35 % dan 86,9%. Kesimpulan yang didapat dari analisis data dan pembahasan adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi siswa kela VIII-B SMP Negeri 2 Jember semester ganjil tahun ajaran 2007/2008.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24445
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository