Show simple item record

dc.contributor.authorDINA TIRANI SARI
dc.date.accessioned2014-01-26T16:55:38Z
dc.date.available2014-01-26T16:55:38Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM050810301113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24368
dc.description.abstractBerbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan kini sebenarnya telah dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan. Mulai dari peningkatan kualitas pendidikan pra sekolah, sekolah dasar, menengah, sampai dengan perguruan tinggi. Salah satu upaya yang kini sedang disosialisasikan dan dianggap tepat adalah melalui Total Quality Management. Total Quality Management masuk dalam bidang pendidikan pada sekitar tahun 1980. Utamanya dilaksanakan di perguruan tinggi hingga pendidikan dasar. Upaya itu terus menerus meningkat di Inggris dan Amerika pada tahun 1990. Fokus utamanya pada peningkatan kualitas pendidikan melalui reorganisasi praktik pendidikan. Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang berusaha memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungannya. Upaya mewujudkan sekolah yang bermutu terpadu lembaga pendidikan dituntut untuk berfokus kepada pelanggannya, memaksimalkan keterlibatan total semua warga, adanya respek terhadap setiap orang dan mengadakan perbaikan mutu pendidikan berkesinambungan. Pada penelitian ini Total Quality Management dalam Lembaga Pendidikan diukur berdasarkan pelaksanaan empat prinsip utama Total Quality Management yang dirumuskan oleh Hensler dan Brunell dalam Nurochim (2007), yaitu : fokus kepada pelanggan, respek terhadap setiap orang, manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan data primer yaitu kuesioner, sedangkan objek penelitiannya adalah Universitas Jember. Dari pengujian terhadap empat hipotesis dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara simultan penerapan prinsip-prinsip umum dalam Total Quality Management mampu meningkatkan kualitas dari organisasi yang menerapkannya. Namun secara parsial, tidak semua prinsip-prinsip dalam Total Quality Management mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas organisasi. Hanya variabel fokus pada pelanggan dan manajemen berdasarkan fakta yang berpengaruh positif terhadap kualitas organisasi, sedangkan respek terhadap setiap orang berpengaruh negatif terhadap kualitas organisasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050810301113;
dc.subjectIMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENTen_US
dc.titlePENGARUH IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS JEMBER)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record