Show simple item record

dc.contributor.authorTezar Roosano A
dc.date.accessioned2014-01-26T07:07:12Z
dc.date.available2014-01-26T07:07:12Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM050210192132
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24285
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Agustus 2010 dengan guru mata pelajaran fisika di SMP Negeri 10 Jember, didapatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 10 Jember rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil ulangan harian kelas VII SMP Negeri 10 Jember yang hanya mencapai nilai 57,5 dengan rata-rata kelas paling rendah 50,2 pada kelas VII-C. Selain itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 10 Jember tergolong rendah sekitar 35% siswa yang aktif, sehingga setiap pembelajaran fisika perlu diadakan pendekatan lebih agar siswa tidak malas dan aktif dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan rendahnya motivasi siswa dalam belajar fisika, didapatkan bahwa pembelajaran IPA khususnya fisika masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, dalam hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di kelas. Penggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sering digunakan, akan tetapi hanya berbentuk slide persentasi dimana hanya guru yang aktif dalam penggunaan media tersebut dan murid hanya besifat pasif. Salah satu pendekatan yang relevan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan menggunakan media yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat dan kreatifitas siswa untuk aktif dalam belajar, media yang dapat digunakan bermacam- macam tetapi dalam penelitian ini menggunakan Multimedia Interaktif (MMI). Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI); (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-C SMP Negeri 10 Jember yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian inien_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192132;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKAen_US
dc.titlePENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 10 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record