• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 10 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    K (337)k_1mipa.pdf (758.7Kb)
    Date
    2014-01-26
    Author
    Tezar Roosano A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada bulan Agustus 2010 dengan guru mata pelajaran fisika di SMP Negeri 10 Jember, didapatkan hasil belajar IPA di SMP Negeri 10 Jember rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil ulangan harian kelas VII SMP Negeri 10 Jember yang hanya mencapai nilai 57,5 dengan rata-rata kelas paling rendah 50,2 pada kelas VII-C. Selain itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 10 Jember tergolong rendah sekitar 35% siswa yang aktif, sehingga setiap pembelajaran fisika perlu diadakan pendekatan lebih agar siswa tidak malas dan aktif dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa dikarenakan rendahnya motivasi siswa dalam belajar fisika, didapatkan bahwa pembelajaran IPA khususnya fisika masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, dalam hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di kelas. Penggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sering digunakan, akan tetapi hanya berbentuk slide persentasi dimana hanya guru yang aktif dalam penggunaan media tersebut dan murid hanya besifat pasif. Salah satu pendekatan yang relevan yang bisa diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan menggunakan media yang interaktif sehingga bisa meningkatkan minat dan kreatifitas siswa untuk aktif dalam belajar, media yang dapat digunakan bermacam- macam tetapi dalam penelitian ini menggunakan Multimedia Interaktif (MMI). Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI); (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-C dengan Multimedia Interaktif (MMI). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-C SMP Negeri 10 Jember yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24285
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3451]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository