dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Analisis Peta Posisi Produk Pasta Gigi
Berdasarkan Atribut Produk Di Kota Jember”. Objek penelitian ini adalah tiga
produk pasta gigi, yaitu : Pepsodent, Formula dan Close Up. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peta posisi produk pasta gigi merek
Pepsodent, Formula dan Close Up berdasarkan atribut-atribut produk di Kota
Jember. Atribut produk yang diteliti, yaitu : mutu produk, sifat produk dan
rancangan produk.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mendapatkan suatu deskripsi atau gambaran yang jelas untuk digunakan sebagai
pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan metode pengumpulan
data, penelitian ini menggunakan metode survei, yaitu metode penelitian yang
mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat
pengumpul data. Alat analisis yang digunakan adalah Correspondence Analysis.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive
sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden.
Dari analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui peta posisi produk
pasta gigi Pepsoden, Formula dan Close Up berdasarkan atribut produk di Kota
Jember. Berdasarkan gambar peta perceptual, hasil pemetaan menunjukkan
adanya kedekatan antara pasta gigi merek Pepsodent, Formula dan Close Up
dengan atribut produk. Kedekatan tersebut mencirikan asosiasi yang kuat antara
pasta gigi merek Pepsodent, Formula dan Close Up dengan atribut produk. Pasta
gigi Pepsodent berdekatan dengan atribut sifat produk, hal ini mencirikan bahwa
pasta gigi Pepsodent memiliki posisi yang kuat pada atribut sifat produk. Pasta
gigi Formula berdekatan dengan atribut rancangan produk, hal ini mencirikan
bahwa pasta gigi Formula memiliki posisi yang kuat pada atribut rancangan
produk. Pasta gigi Close Up berdekatan dengan atribut mutu produk, hal ini
mencirikan bahwa pasta gigi Close Up memiliki posisi yang kuat pada atribut
mutu produk. | en_US |