ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAN ANGGOTA PADA KP-RI BINA KARYA KECAMATAN GAMBIRAN BANYUWANGI
Abstract
Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan anggota
atau konsumen. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk
menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan seperti
ini memungkinkan Koperasi untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan
serta kebutuhan mereka. Dengan demikian KP-RI Bina Karya dapat meningkatkan
kepuasan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kualitas
Pelayanan dalam membangun Kepuasan Anggota yang dilakukan pada KP-RI Bina
Karya Kecamatan Gambiran Banyuwangi.
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini
adalah penelitian yang menggunakan metode kuantitatif digunakan untuk meneliti
pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel menggunakan
Accident Sampling, Artinya penelitian ini berdasarkan data primer yang diambil dari
penyebaran kuesioner kepada responden yang ada dan tersedia pada obyek yang
diteliti.Deskripsi penelitian ini memperoleh hasil bahwa Berdasarkan penelitian yang
dilakukan terhadap anggota KP-RI Bina Karya, maka diperoleh hasil bahwa secara
garis besar anggota merasa puas dengan pelayanan yang diberikan KP-RI Bina Karya
Kecamatan Gambiran Banyuwangi. Hal ini bisa dilihat dari hasil frekuensi jawaban
responden sebanyak 28,71 % yang menyatakan puas dan hanya 0 % responden yang
menyatakan tidak puas. Hal ini menggambarkan bahwa setiap dimensi dari kualitas
pelayanan