dc.description.abstract | Salah satu fungsi dan tujuan Ujian Nasional adalah sebagai alat penentu
kelulusan peserta didik, maka Ujian Nasional haruslah mampu memberikan
informasi yang sesungguhnya tentang taraf penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran yang diajarkan pada suatu jenjang pendidikan. Oleh karena itu, soal-soal
yang diujikan haruslah mencakup seluruh materi yang telah diberikan. Selain itu,
ujian nasional juga harus dapat mengukur kemampuan berpikir siswa antara lain
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi yang memiliki
komposisi uji 30% hafalan, 40% pemahaman, 25% aplikasi dan 5% kemampuan
tingkat tinggi (analisis, sintesis dan evaluasi). Tujuan dalam penelitian ini adalah
mengetahui persentase dari masing-masing ruang lingkup materi, distribusi materi
untuk masing-masing tingkat kelas dan tingkat kognitif berdasarkan taksonomi
Bloom pada soal ujian nasional bidang studi matematika SMP tahun 2007 dan
2008.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu naskah soal ujian nasional bidang studi
matematika SMP tahun 2007 dan 2008 paket 16 dan 49. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan dan
menggambarkan distribusi ruang lingkup materi, distribusi materi untuk masingmasing
kelas serta tingkat kognitif soal berdasarkan taksonomi Bloom. Analisis
data menggunakan perhitungan persentase ruang lingkup materi, distribusi materi untuk masing-masing kelas dan tingkat kognitif soal ujian nasional tahun 2007
dan 2008.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
persentase ruang lingkup materi pada soal ujian nasional tahun 2007 adalah
13,33% bilangan, 40% aljabar, 40% geometri dan pengukuran serta 6,67%
statistika dan peluang, sedangkan untuk soal ujian nasional tahun 2008 adalah
15% bilangan; 37,5% aljabar; 40% geometri dan pengukuran serta 7,5% statistika
dan peluang. Persentase materi pada soal ujian nasional tahun 2007 adalah 40%
kelas VII, 40% kelas VIII dan 20% kelas IX, sedangkan untuk soal ujian nasional
tahun 2008 adalah 42,5% kelas VII; 32,5% kelas VIII dan 25% kelas IX.
Persentase tingkat kognitif soal ujian nasional tahun 2007 adalah 26,67% aspek
pengetahuan (C1); 43,33% aspek pemahaman (C2); 23,33% aspek aplikasi (C3);
6,67% aspek analisis (C4) dan 0% aspek sintesis (C5) dan evaluasi (C6),
sedangkan persentase tingkat kognitif soal ujian nasional tahun 2008 adalah
17,5% aspek pengetahuan (C1); 45% aspek pemahaman (C2); 30% aspek aplikasi
(C3); 7,5% aspek analisis (C4) dan 0% aspek sintesis (C5) dan evaluasi (C6). | en_US |