• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS DESKRIPTIF SOAL UJIAN NASIONAL BIDANG STUDI MATEMATIKA SMP TAHUN 2007 DAN 2008

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (31)X_1.pdf (1.104Mb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    Febrina Wiwin Wijayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu fungsi dan tujuan Ujian Nasional adalah sebagai alat penentu kelulusan peserta didik, maka Ujian Nasional haruslah mampu memberikan informasi yang sesungguhnya tentang taraf penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan pada suatu jenjang pendidikan. Oleh karena itu, soal-soal yang diujikan haruslah mencakup seluruh materi yang telah diberikan. Selain itu, ujian nasional juga harus dapat mengukur kemampuan berpikir siswa antara lain ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi yang memiliki komposisi uji 30% hafalan, 40% pemahaman, 25% aplikasi dan 5% kemampuan tingkat tinggi (analisis, sintesis dan evaluasi). Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui persentase dari masing-masing ruang lingkup materi, distribusi materi untuk masing-masing tingkat kelas dan tingkat kognitif berdasarkan taksonomi Bloom pada soal ujian nasional bidang studi matematika SMP tahun 2007 dan 2008. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu naskah soal ujian nasional bidang studi matematika SMP tahun 2007 dan 2008 paket 16 dan 49. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan dan menggambarkan distribusi ruang lingkup materi, distribusi materi untuk masingmasing kelas serta tingkat kognitif soal berdasarkan taksonomi Bloom. Analisis data menggunakan perhitungan persentase ruang lingkup materi, distribusi materi untuk masing-masing kelas dan tingkat kognitif soal ujian nasional tahun 2007 dan 2008. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa persentase ruang lingkup materi pada soal ujian nasional tahun 2007 adalah 13,33% bilangan, 40% aljabar, 40% geometri dan pengukuran serta 6,67% statistika dan peluang, sedangkan untuk soal ujian nasional tahun 2008 adalah 15% bilangan; 37,5% aljabar; 40% geometri dan pengukuran serta 7,5% statistika dan peluang. Persentase materi pada soal ujian nasional tahun 2007 adalah 40% kelas VII, 40% kelas VIII dan 20% kelas IX, sedangkan untuk soal ujian nasional tahun 2008 adalah 42,5% kelas VII; 32,5% kelas VIII dan 25% kelas IX. Persentase tingkat kognitif soal ujian nasional tahun 2007 adalah 26,67% aspek pengetahuan (C1); 43,33% aspek pemahaman (C2); 23,33% aspek aplikasi (C3); 6,67% aspek analisis (C4) dan 0% aspek sintesis (C5) dan evaluasi (C6), sedangkan persentase tingkat kognitif soal ujian nasional tahun 2008 adalah 17,5% aspek pengetahuan (C1); 45% aspek pemahaman (C2); 30% aspek aplikasi (C3); 7,5% aspek analisis (C4) dan 0% aspek sintesis (C5) dan evaluasi (C6).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24113
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository