ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Penggunaan teknik pembelajaran yang tepat akan menentukan tercapainya
kompetensi dasar sesuai dengan tuntutan kurikulum. Peneliti melakukan pengamatan
terhadap siswa kelas V SDN Dukuhmencek 04 pada saat proses belajar mengajar
sedang berlangsung. Siswa cenderung pasif bahkan ada yang berbicara sendiri
dengan teman sebangku dan mereka kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran. Hal ini disebabkan dalam memberikan materi pelajaran guru hanya
menggunakan metode ceramah dan penugasan kepada siswa. Guru jarang sekali
menggunakan metode-metode lain yang dapat menarik perhatian siswa agar lebih
bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Salah satu pembelajaran yang dapat mendorong semangat belajar siswa
sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya adalah dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif, karena pembelajaran kooperatif secara proses dapat melatih
untuk mengembangkan sikap mau bekerjasama dan gotong royong sebagai hasil
pembelajaran. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe STAD.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan wujud pembelajaran kooperatif yang
paling sederhana. Penyajian materi baru dalam tipe STAD disampaikan dengan
ceramah. Siswa dalam suatu kelas dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing
kelompok dengan anggota 4-5 orang. Setiap kelompok diupayakan heterogen dari
segi jenis kelamin, dan kemampuan akademiknya.