• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERSIAPKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DALAM PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhubA (149)x_1.pdf (105.5Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    Fika Aning Rejeki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan teknik pembelajaran yang tepat akan menentukan tercapainya kompetensi dasar sesuai dengan tuntutan kurikulum. Peneliti melakukan pengamatan terhadap siswa kelas V SDN Dukuhmencek 04 pada saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Siswa cenderung pasif bahkan ada yang berbicara sendiri dengan teman sebangku dan mereka kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan dalam memberikan materi pelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan kepada siswa. Guru jarang sekali menggunakan metode-metode lain yang dapat menarik perhatian siswa agar lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Salah satu pembelajaran yang dapat mendorong semangat belajar siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif, karena pembelajaran kooperatif secara proses dapat melatih untuk mengembangkan sikap mau bekerjasama dan gotong royong sebagai hasil pembelajaran. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah tipe STAD. Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan wujud pembelajaran kooperatif yang paling sederhana. Penyajian materi baru dalam tipe STAD disampaikan dengan ceramah. Siswa dalam suatu kelas dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok dengan anggota 4-5 orang. Setiap kelompok diupayakan heterogen dari segi jenis kelamin, dan kemampuan akademiknya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24086
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository