• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN BARANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG SOLO

    Thumbnail
    View/Open
    NOVITA KHARIN WIDISTASARI-D_001.pdf (181.2Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    NOVITA KHARIN WIDISTASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberadaan PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pos dan telekomunikasi di Indonesia sudah cukup lama. Berdasarkan hal itu, maka banyak masyarakat yang menggunakan jasa-jasa pelayanan dari PT. Pos Indonesia (Persero). Salah satu bentuk jasa yang sering digunakan oleh masyarakat adalah jasa pengiriman barang. Kita tentu sudah sering mendengar bahwa dalam pengiriman barang, barang yang dikirim itu terlambat sampai di tempat tujuan, hilang, dan rusak. Masyarakat sebagai konsumen yang menggunakan jasa dari PT. Pos Indonesia (Persero) tentu sangat dirugikan akan hal itu, kerugian bagi konsumen tidak hanya kerugian materiil tetapi juga kerugian imateriil. Dengan banyaknya kerugian yang diderita oleh konsumen pengguna jasa PT. Pos Indonesia, maka Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen diharapkan menjadi titik balik dalam usaha untuk memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, permasalahan pokok yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah pertama, bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia (Persero) yang barang kirimannya hilang atau rusak ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan yang kedua adalah upaya hukum apa yang dapat dilakukan oleh konsumen yang telah dirugikan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) akibat barang kirimannya, hilang atau rusak. Tipe penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis normatif (legal research). Dalam skripsi ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang-undang (statute approach). Metode analisa bahan hukum yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah menggunakan metode deduktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23887
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository