dc.description.abstract | Perkembangan zaman saat ini semakin menjanjikan suatu peluang dan
tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang ada diseluruh dunia. Hal ini
mengakibatkan semakin ketatnya persaingan di dalam dunia bisnis. Teknologi
telekomunikasi merupakan salah satu peluang bisnis potensial yang dimanfaatkan
oleh produsen dalam persaingan.
Salahsatu produk teknologi telekomunikasi yang saat ini diperebutkan oleh
banyak produsen adalah telepon seluler atau handphone. Hadirnya merek-merek
handphone baru dewasa ini karena banyak perusahaan menangkap adanya peluang.
Salah satu merek produk handphone yang sedang berkembang saat ini adalah
handphone BlackBerry, sehingga Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui
pengaruh variabel-variabel ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan pembelian
handphone BlackBerry pada mahasiswa ekonomi universitas jember. Model analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda yang
bertujuan untuk menemukan bukti empiris ada tidaknya pengaruh variabel-variabel
ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas
merek dalam mempengaruhi keputusan pembelian handphone BlackBerry pada
mahasiswa ekonomi universitas jember. Untuk menguji apakah koefisien regresi
masing-masing variabel independen dalam persamaan regresi merupakan koefisien
yang signifikan, maka perlu dilakukan pengujian dengan uji F dan uji t untuk
mengetahui pegaruh variabel independen secara simultan dan parsial terhadap
keputusan pembelian konsumen.
Dari analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa nilai
probabilitas F hitung lebih kecil daripada tingkat signifikan 0,05. Sedangkan secara
parsial probabilitas t hitung untuk masing-masing variabel lebih kecil daripada
tingkat signifikan 0,05. koefisien determinasi sebesar 0,696 sehingga kemampuan
variabel independen untuk menjelaskan variabel dependen sebesar 69,6% sedangkan
30,4% dijelaskan oleh faktor diluar model ini. | en_US |