• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Keliling dan Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Melalui Metode Snowball Throwing Disertai Alat Peraga Papan Berpaku pada Siswa Kelas III B di SDN Mangli 01 Semester genap Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    IRMA YUNI ANTIKA-FKIP.pdf (630.5Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    IRMA YUNI ANTIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran selama ini dipandang sebagai kegiatan dalam mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa. Guru dianggap sebagai seseorang yang mengetahui segala informasi bagi peserta didik, sedangkan siswa diposisikan sebagai orang yang tidak mengerti dan hanya menunggu informasi apa yang diberikan oleh guru. Proses pembelajaran bukanlah hanya suatu kegiatan mentransfer pengetahuan saja, tetapi memberikan pembelajaran kepada siswa bagaimana memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Permasalahan inilah yang juga terjadi pada pembelajaran di SDN Mangli 01 Jember. Banyak siswa yang terlihat pasif dan hanya menunggu informasi yang diberikan oleh guru. Siswa kurang aktif dalam bertanya ataupun dalam menjawab pertanyaan dari guru. Aktivitas siswa khususnya pada kelas III B saat proses pembelajaran masih tergolong rendah, yaitu sekitar 25% atau sebanyak 8 orang siswa saja yang terlihat aktif dari seluruh jumlah siswa sebanyak 32 orang di kelas III B tersebut. Dalam pembelajaran matematika itu juga tidak ada alat peraga yang digunakan. Sehingga, siswa hanya menerima materi dari penjelasan guru, buku penunjang, dan catatan mereka sendiri. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III B SDN Mangli 1 terbukti bahwa siswa sulit memahami konsep matematika tanpa alat peraga pembelajaran. Dari hasil wawancara tersebut juga dapat diketahui bahwa perlu adanya perbaikan dan peningkatan aktifitas dan hasil.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23821
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository