PENGARUH IKLAN PRODUK HELM INK DI TELEVISI TERHADAP MINAT MEMBELI MASYARAKAT KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan produk helm
ink di televisi terhadap minat membeli masyarakat Kecamatan Banyuwangi
Kabupaten Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini bertindak pula sebagai
sampel yaitu masyarakat Kecamatan Banyuwangi yang pernah melihat iklan helm
ink ditelevisi. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 65
responden. Sedangkan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan metode
purposive sampling. Analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan
dengan menggunakan analisis regresi logistic, menunjukkan bahwa variabel bebas
yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan
berpengaruh signifikan terhadap minat membeli masyarakat Kecamatan
Banyuwangi. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai Negelkerke R Square
yaitu sebesar 0,600 yang menunjukkan bahwa pengaruh iklan produk helm ink di
televisi tersebut terhadap minat membeli masyarakat Kecamatan Banyuwangi
Kabupaten Banyuwangi adalah sebesar 60,0%.
Kata Kunci : Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan, Minat
Membeli.