Show simple item record

dc.contributor.authorUswatun Hasanah
dc.date.accessioned2014-01-24T09:44:14Z
dc.date.available2014-01-24T09:44:14Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM020210102031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23676
dc.description.abstractMasalah utama dalam dunia pendidikan salah satunya adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di sekolah. Rendahnya kualitas belajar sains, khususnya pada bidang studi fisika ditunjukkan oleh masih banyaknya siswa yang mengalami kesalahan tentang konsep fisika, baik pada siswa yang sedang belajar fisika maupun mereka yang telah menamatkan studinya di SMP maupun SMA. Dalam pembelajaran fisika di sekolah masih sering dijumpai siswa-siswi yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran fisika dan kurang memperhatikan segala sesuatu yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda untuk aktif dan kreatif. Sehingga untuk menghindari bahwa siswa yang aktif semakin aktif atau sebaliknya, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu melibatkan seluruh siswa dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah dengan pembelajaran model MASTER. Model MASTER merupakan salah satu teknik belajar cepat dan berpikir kreatif yang cara penyajian pelajarannya bertitik tolak dari suatu masalah dan melibatkan siswa secara aktif dalam tiap tahapannya yaitu Motivating your mind, Acquiring the information, Searching out the meaning, Triggering the memory, Exhibiting what you know dan Reflecting how you’ve learned. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Efektifitas penggunaan model MASTER dalam pembelajaran fisika pada siswa SMP kelas VII; dan (2) Aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penggunaan model MASTER pada siswa SMP kelas VII. Penelitian pembelajaran model MASTER ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Jember pada siswa kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2009/2010, yang dimulai pada tanggal 12 Nopember sampai 24 Nopember 2009. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan pola one group pre-test and post-test. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 11 Jember. Penentuan responden penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan responden didasarkan atas tujuan tertentu yaitu kemudahan mendapatkan ijin penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran model MASTER dalam pembelajaran fisika pada kelas VII-E sebesar 83,65%; sehingga efektifitas pembelajaran model MASTER pada kelas VII-E termasuk kategori sangat efektif. Persentase aktivitas rata-rata siswa pada kelas VII-E meningkat pada pertemuan II dari 73,58% menjadi 82,11%. Sehingga secara keseluruhan menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pembelajaran model MASTER sebagian besar siswa dapat mengikuti setiap tahapnya dengan baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa pada kelas VII-E rata-rata menyukai pembelajaran model MASTER dan menurut guru bidang studi fisika kelas VII pembelajaran dengan penggunaan model MASTER sangat baik untuk diterapkan di kelas. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan yaitu efektifitas pembelajaran model MASTER dalam pembelajaran fisika pokok bahasan massa jenis pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 11 Jember termasuk kategori sangat efektif; dan aktivitas siswa kelas VII-E SMP Negeri 11 Jember dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan model MASTER termasuk kategori baiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210102031;
dc.subjectModel MASTERen_US
dc.titleMODEL MASTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record