Show simple item record

dc.contributor.authorUmi Marfuah
dc.date.accessioned2014-01-24T08:57:12Z
dc.date.available2014-01-24T08:57:12Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM070210102101
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23654
dc.description.abstractFisika adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari tentang kejadian alam, yang memungkinkan penelitian berdasarkan peraturan-peraturan umum. Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya sekedar hafalan, tetapi memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui suatu penemuan, penyajian data secara matematis, dan berdasarkan aturan-aturan tertentu yang sangat memerlukan interaksi tidak hanya guru dengan siswa tetapi juga antara siswa dengan siswa dalam proses mempelajarinya. Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada bulan April 2011 ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Terbukti bahwa hanya 37,8% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru, hanya 18,9% siswa yang aktif bertanya, dan hanya 16,2% siswa yang aktif menjawab. Selain itu, ketuntasan hasil belajar fisika juga masih rendah. Berdasarkan data nilai ulangan harian diperoleh bahwa dari 37 siswa, sebanyak 16 siswa (43,2%) yang dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 21 siswa (56,8%) dinyatakan tidak tuntas belajar mengingat KKM yang harus ditempuh siswa agar dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran yaitu minimal memperoleh nilai ≥ 65. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Tanggul. Rumusan masalah pada penelitian adalah (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul?, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul, (2) untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah: (1) bagi guru fisika, diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan alternatif model pembelajaran dalam proses belajar mengajar fisika di kelas, (2) bagi sekolah, sebagai masukan pemikiran untuk memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada siklus I dan siklus II. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa persentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing 79,63% dan 81,34%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 67,57%, Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 83,78%. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102101;
dc.subjectRecollection Smart Teaching (RST)en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL RECOLLECTION SMART TEACHING (RST) DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 TANGGULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record