PENERAPAN MODEL RECOLLECTION SMART TEACHING (RST) DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 TANGGUL
Abstract
Fisika adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari tentang
kejadian alam, yang memungkinkan penelitian berdasarkan peraturan-peraturan
umum. Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya sekedar hafalan, tetapi
memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses
terbentuknya pengetahuan melalui suatu penemuan, penyajian data secara
matematis, dan berdasarkan aturan-aturan tertentu yang sangat memerlukan
interaksi tidak hanya guru dengan siswa tetapi juga antara siswa dengan siswa
dalam proses mempelajarinya.
Berdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada bulan April 2011
ditemukan bahwa aktivitas belajar fisika masih tergolong rendah. Terbukti bahwa
hanya 37,8% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru, hanya 18,9%
siswa yang aktif bertanya, dan hanya 16,2% siswa yang aktif menjawab. Selain
itu, ketuntasan hasil belajar fisika juga masih rendah. Berdasarkan data nilai
ulangan harian diperoleh bahwa dari 37 siswa, sebanyak 16 siswa (43,2%) yang
dinyatakan tuntas belajar, sedangkan 21 siswa (56,8%) dinyatakan tidak tuntas
belajar mengingat KKM yang harus ditempuh siswa agar dapat dikatakan tuntas
dalam pembelajaran yaitu minimal memperoleh nilai ≥ 65.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran
dengan menerapkan model Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode
diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika
siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Tanggul. Rumusan masalah pada penelitian
adalah (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan
model pembelajaran Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi
pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul?, (2) Bagaimanakah peningkatan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran
Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII
E SMPN 2 Tanggul?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan
aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Recollection
Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi pada siswa kelas VIII E SMPN 2
Tanggul, (2) untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa
menggunakan model Recollection Smart Teaching (RST) dengan metode diskusi
pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul. Sedangkan manfaat dari penelitian ini
adalah: (1) bagi guru fisika, diharapkan dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan dan alternatif model pembelajaran dalam proses belajar mengajar
fisika di kelas, (2) bagi sekolah, sebagai masukan pemikiran untuk memperbaiki
kualitas pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai, (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat menjadi
bahan pengembangan untuk penelitian lebih lanjut.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian
adalah siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan
statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada siklus I dan siklus II.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa persentase aktivitas siswa
secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing
79,63% dan 81,34%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I
diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 67,57%, Sedangkan analisis hasil
belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 83,78%.
Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus
II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Recollection Smart Teaching (RST)
dengan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil
belajar fisika siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011