dc.description.abstract | Pada dasarnya tujuan pengajaran fisika menitikberatkan pada
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Siswa kelas akselerasi adalah kelas
yang mampu menyelesaikan masa studi pelajarannya hanya dalam waktu dua
tahun. Kemampuan kognitif siswa terkait dengan kemampuan pengetahuan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi. Oleh karena itu, timbul
permasalahan termasuk tingkat manakah rata-rata kategori kemampuan kognitif
fisika siswa SMP kelas askelerasi ? Kategori kemampuan kognitif fisika manakah
yang paling tinggi dari siswa SMP kelas askelerasi ? dan kategori kemampuan
kognitif fisika manakah yang paling rendah dari siswa SMP kelas akselerasi ?
Penelitian ini bertujuan untuk ; mengkaji termasuk pada kriteria apakah rata-rata
kemampuan kognitif fisika siswa SMP kelas akselerasi, mengkaji pada kategori
kemampuan kognitif fisika manakah yang paling tinggi dari siswa SMP kelas
akselerasi dan mengkaji pada kategori kemampuan kognitif fisika manakah yang
paling rendah dari siswa SMP kelas akselerasi. Penelitian dilakukan di SMP
Negeri 2 Jember kelas VII semester 1. Subjek penelitian adalah seluruh siswa
kelas akselerasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tehnik observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisais data menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kategori kamampuan kognitif fisika
siswa SMP kelas aksleresi termasuk pada kriteria masih kurang, kategori
kemampuan kognitif fisika siswa SMP kelas akselerasi yang paling tinggi adalah
pengetahuan (c1), sedangkan kemampuan kognitif fisika siswa SMP kelas
akselerasi yang paling rendah adalah evaluasi (c6) | en_US |