dc.description.abstract | Kecerdasan adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh
manusia untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi demi kelangsungan
hidup mereka. Gardner menyatakan dalam teori kecerdasan gandanya bahwa manusia
memiliki banyak kecerdasan dengan kelompok yang berbeda-beda. Kecerdasan
tersebut meliputi: kecerdasan linguistik, logis-matematis, spasial-visual, kinestetikjasmani,
musikal-ritmik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Penelitian
deskriptif tentang profil kecerdasan mahasiswa Pendidikan Fisika berdasarkan teori
kecerdasan gardner ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kecerdasan yang
dimiliki oleh mahasiswa fisika dan mendeskripsikan profil kecerdasan yang paling
dominan dimiliki oleh mahasiswa fisika.
Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika dengan
responden seluruh mahasiswa fisika reguler angkatan 2007. Tempat penelitian
ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penentuan
responden menggunakan metode cluster random sampling. Pengumpulan data
utamanya menggunakan metode angket sedang untuk data pendukungnya digunakan
metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisa hasil penelitian
diklasifikasikan menjadi data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah Mahasiswa Pendidikan
Fisika Reguler Angkatan 2007 berjumlah 49 orang, yang terdiri dari 19 orang lakilaki
dan 30 orang perempuan. Hasil penelitian kecerdasan ganda menunjukkan, pada
kelompok tinggi; kecerdasan logis-matematis (55,10%), intrapersonal (46,94%),
linguistik dan interpersonal (40,82%), naturalis (30,61%), spasial-visual (28,57%),
ix
musikal-ritmik (20,40%), dan kinestetik-jasmani (6,12%). Pada kelompok sedang;
kecerdasan spasial-visual dan naturalis (65,31%), interpersonal dan kinestetikjasmani
(55,10%), linguistik (53,06%), intrapersonal dan musikal-ritmik (48,98%),
dan logis-matematis (42,86%). Adapun pada kelompok rendah; kecerdasan
kinestetik-jasmani (38,78%), musikal-ritmik (22,45%), linguistik dan spasial-visual
(6,12%), interpersonal, intrapersonal, dan naturalis (4,08%), dan logis-matematis
(2,04). Berdasarkan uraian diatas bahwa rata-rata mahasiswa fisika reguler angkatan
2007 termasuk dalam tingkat kecerdasan sedang, sebesar 55,36%.
Berdasarkan hasil angket dan wawancara ternyata mahasiswa ada yang
bercita-cita menjadi guru dan ada yang tidak, sebelum mereka memilih jurusan
tempat mahasiswa diterima. Jadi dominansi kecerdasan Mahasiswa Pendidikan Fisika
Reguler Angkatan 2007 adalah kecerdasan spasial-visual dan naturalis. Oleh karena
itu, kecerdasan sesuai dengan jurusan yang dipilih, diharapkan mahasiswa dapat
menyelesaikan studi tepat waktu dengan nilai yang baik. Serta bermodal cita-cita dan
kecerdasan yang dimiliki dapat berpengaruh positif dan menjadi lulusan yang
berkualitas | en_US |