• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI PROFIL MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2007 BERDASARKAN TEORI KECERDASAN GARDNER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (174)_1.pdf (155.8Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    LILIS IRMIYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh manusia untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi demi kelangsungan hidup mereka. Gardner menyatakan dalam teori kecerdasan gandanya bahwa manusia memiliki banyak kecerdasan dengan kelompok yang berbeda-beda. Kecerdasan tersebut meliputi: kecerdasan linguistik, logis-matematis, spasial-visual, kinestetikjasmani, musikal-ritmik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Penelitian deskriptif tentang profil kecerdasan mahasiswa Pendidikan Fisika berdasarkan teori kecerdasan gardner ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kecerdasan yang dimiliki oleh mahasiswa fisika dan mendeskripsikan profil kecerdasan yang paling dominan dimiliki oleh mahasiswa fisika. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika dengan responden seluruh mahasiswa fisika reguler angkatan 2007. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penentuan responden menggunakan metode cluster random sampling. Pengumpulan data utamanya menggunakan metode angket sedang untuk data pendukungnya digunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisa hasil penelitian diklasifikasikan menjadi data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah Mahasiswa Pendidikan Fisika Reguler Angkatan 2007 berjumlah 49 orang, yang terdiri dari 19 orang lakilaki dan 30 orang perempuan. Hasil penelitian kecerdasan ganda menunjukkan, pada kelompok tinggi; kecerdasan logis-matematis (55,10%), intrapersonal (46,94%), linguistik dan interpersonal (40,82%), naturalis (30,61%), spasial-visual (28,57%), ix musikal-ritmik (20,40%), dan kinestetik-jasmani (6,12%). Pada kelompok sedang; kecerdasan spasial-visual dan naturalis (65,31%), interpersonal dan kinestetikjasmani (55,10%), linguistik (53,06%), intrapersonal dan musikal-ritmik (48,98%), dan logis-matematis (42,86%). Adapun pada kelompok rendah; kecerdasan kinestetik-jasmani (38,78%), musikal-ritmik (22,45%), linguistik dan spasial-visual (6,12%), interpersonal, intrapersonal, dan naturalis (4,08%), dan logis-matematis (2,04). Berdasarkan uraian diatas bahwa rata-rata mahasiswa fisika reguler angkatan 2007 termasuk dalam tingkat kecerdasan sedang, sebesar 55,36%. Berdasarkan hasil angket dan wawancara ternyata mahasiswa ada yang bercita-cita menjadi guru dan ada yang tidak, sebelum mereka memilih jurusan tempat mahasiswa diterima. Jadi dominansi kecerdasan Mahasiswa Pendidikan Fisika Reguler Angkatan 2007 adalah kecerdasan spasial-visual dan naturalis. Oleh karena itu, kecerdasan sesuai dengan jurusan yang dipilih, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan nilai yang baik. Serta bermodal cita-cita dan kecerdasan yang dimiliki dapat berpengaruh positif dan menjadi lulusan yang berkualitas
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23464
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository