Show simple item record

dc.contributor.authorTRI ANITA KARTIKAWATI
dc.date.accessioned2014-01-24T05:51:08Z
dc.date.available2014-01-24T05:51:08Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM030910201289
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23452
dc.description.abstractPerguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para mahasiswanya. Melalui pemberian pelayanan yang sesuai dengan tuntutan para mahasiswanya maka diharapkan akan tercipta kepuasan yang tinggi dari para mahasiswanya. Namun pada kenyataannya dalam upaya meningkatkan pelayanan yang baik, masih tetap memiliki beberapa permasalahan yang seringkali menimbulkan ketidakpuasan para mahasiswa, dimana masalah tersebut bertumpu pada aspek pelayanan administrasi akademik yang dinilai masih belum memuaskan. Apalagi pelayanan administrasi akademik tersebut sangat penting karena berkaitan dengan masalah akademik mahasiswa selama aktif di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan bagian administrasi akademik di jurusan ilmu hubungan internasional Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan data kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 80 responden mahasiswa Jurusan HI (Hubungan Internasional) dengan menggunakan tekhnik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data yang dipergunakan oleh penulis yakni menggunakan analisis ServQual (Service Quality) dari Parasuranman dkk, yaitu dengan menghitung skor harapan dengan persepsi pemohon. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam model analisis ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut dilihat berdasarksan lima dimensi yaitu: Bukti Langsung (tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty). Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode ServQual diketahui bahwa kualitas pelayanan bagian Administrasi Akademik di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember memiliki skor negative untuk kelima dimensi. Hal ini ditunjukkan dari hasil harapan mahasiswa yang lebih besar dengan realita / persepsi yang dirasakan. Sehingga kualitas pelayanan bagian Administrasi Akademik di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember dikatakan masih jauh dari memuaskan/baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries030910201289;
dc.subjectkualitas pelayananen_US
dc.titleANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI JURUSAN ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL FISIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record