• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DI JURUSAN ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL FISIP UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    TRI ANITA KARTIKAWATI.pdf (107.4Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    TRI ANITA KARTIKAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perguruan tinggi sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para mahasiswanya. Melalui pemberian pelayanan yang sesuai dengan tuntutan para mahasiswanya maka diharapkan akan tercipta kepuasan yang tinggi dari para mahasiswanya. Namun pada kenyataannya dalam upaya meningkatkan pelayanan yang baik, masih tetap memiliki beberapa permasalahan yang seringkali menimbulkan ketidakpuasan para mahasiswa, dimana masalah tersebut bertumpu pada aspek pelayanan administrasi akademik yang dinilai masih belum memuaskan. Apalagi pelayanan administrasi akademik tersebut sangat penting karena berkaitan dengan masalah akademik mahasiswa selama aktif di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan bagian administrasi akademik di jurusan ilmu hubungan internasional Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan data kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 80 responden mahasiswa Jurusan HI (Hubungan Internasional) dengan menggunakan tekhnik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data yang dipergunakan oleh penulis yakni menggunakan analisis ServQual (Service Quality) dari Parasuranman dkk, yaitu dengan menghitung skor harapan dengan persepsi pemohon. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam model analisis ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut dilihat berdasarksan lima dimensi yaitu: Bukti Langsung (tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty). Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode ServQual diketahui bahwa kualitas pelayanan bagian Administrasi Akademik di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember memiliki skor negative untuk kelima dimensi. Hal ini ditunjukkan dari hasil harapan mahasiswa yang lebih besar dengan realita / persepsi yang dirasakan. Sehingga kualitas pelayanan bagian Administrasi Akademik di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember dikatakan masih jauh dari memuaskan/baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23452
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5670]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository