• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 TANGGUL JEMBER TAHUN 2008/2009

    Thumbnail
    View/Open
    r (265)r_1.pdf (598.3Kb)
    Date
    2014-01-24
    Author
    ANDRY EKO WAHYUDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Variabel Fasilitas Belajar di Sekolah dan Proses Belajar Mengajar Sacara Simultan dan Secara Parsial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Anak di SMK Negeri 1 Tanggul. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area sedangkan metode penentuan sampelnya dengan proporsional random sampling sejumlah 55 siswa atau responden. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, varian garis regresi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fasilitas Belajar di Sekolah dan Proses Belajar Mengajar mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan F (221,166)>F (3,175) dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel Fasilitas Belajar di Sekolah dan Proses Belajar Mengajar secara simultan mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa sebesar 80,1%. Hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah Fasilitas Belajar di Sekolah (X tabel ) = t = 2,007 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000, Proses Belajar Mengajar (X hitung 2 = 7,298>t ) = t hitung tabel = 2,007 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000, Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (Fasilitas Belajar di Sekolah dan Proses Belajar Mengajar) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (Prestasi Belajar Siswa). Variabel Fasilitas Belajar di Sekolah (X = 5,887>t tabel ) mempunyai pengaruh dominan terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Tanggul tahun ajaran 2008/2009.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23437
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository