Show simple item record

dc.contributor.authorWahyu Dwi Martalia
dc.date.accessioned2014-01-24T05:31:57Z
dc.date.available2014-01-24T05:31:57Z
dc.date.issued2014-01-24
dc.identifier.nimNIM060210102218
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/23404
dc.description.abstractBerdasarkan data observasi awal yang dilaksanakan pada tanggal 14 0ktober 2010 di Kelas VIII-E SMP Negeri 1 Pujer, diketahui rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan data ulangan harian kelas VIIIE dari 39 siswa hanya 41,02% yang mendapatkan nilai ≥ 66; sedangkan 58,98% siswa lainnya mendapatkan nilai < 66. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 39 siswa hanya 14 siswa yang aktif memperhatikan pelajaran; 20,51% atau 8 orang siswa yang bertanya dan saat guru bertanya tidak ada satupun siswa yang menjawab 0%; 46,15% atau 18 orang siswa yang mencatat; dan 30,76% atau 12 orang siswa yang aktif mengerjakan tugas. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction). Model ini merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata ( dengan melakukan ekeperimen). Dengan demikian model ini dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-E tersebut. Model ini memiliki kelebihan yaitu nyata dengan kehidupan siswa, konsep sesuai dengan kebutuhan siswa, mengembangkan sifat inkuiri, retensi konsep jadi kuat, dan mengembangkan kemampuan problem solving. Tahap-tahap model problem based instruction disertai handout adalah sebagai berikut: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi vii proses pemecahan masalah. Melalui 5 (lima) tahap tersebut, maka aktivitas siswa yang sesuai dengan ketrampilan proses dalam pembelajaran IPA dapat dikembangkan pada tahap ketiga yaitu tahap membimbing penyelidikan kelompok. Selain itu, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dapat dikembangkan pada tahap-tahap lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII-E SMP Negeri 1 Pujer tahun ajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas guru dan skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan skor hasil belajar pada pra-siklus, siklus I, siklus II, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran problem based instruction mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus aktivitas siswa secara klasikal sebesar 52.43% yang termasuk dalam kriteria sedang. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 22.43% yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 30.81% persentase tersebut termasuk pada kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran problem based instruction diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus ke siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 16.22%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 75.6%. Pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 81.08%. Dari hasil di atas menunjukkan model problem based instruction dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif belajar dan lebih memahami konsepen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102218;
dc.subjectPROBLEM BASED INSTRUCTIONen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 1 PUJER TAHUN AJARAN 20102011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record